Sunday, January 27, 2013

Shrink Windows Internal Database (MICROSOFT##SSEE)


huff... akhirnya masalah salah satu server di kantor sudah selesai. Kali ini saya mau share tentang permasalahan yang terjadi pada salah satu server di kantor, dimana quota hardisk (drive C) server tersebut hampir habis. Server tersebut merupakan server yang kami pergunakan untuk sharing informasi dan data yang dibangun dengan menggunakan Windows SharePoint Services 3.0. Mengingat pentingnya fungsi server tersebut maka segera saya lakukan pengecekan penyebab habisnya quota drive C hardisk tersebut. Dari hasil pengecekan ternyata penyebab habisnya quota hardisk karena terdapat 2 file yang ukurannya sangat besar yaitu file "SharePoint_Config_ea047da6-7526-4073-a4f9-b81e3f10d4e7_log.LDF" dan "WSS_Content_EXT81_log.LDF" yang terdapat dalam folder C:\Windows\SYSMSI\SSEE\MSSQL.2005\MSSQL\Data\.

Karena file yang berukuran besar tersebut merupakan file database, maka saya cari informasi cara untuk mengurangi besar file tersebut. Dari hasil pencarian tersebut ternyata untuk database MSSQL 2005 memang sering terjadi pembengkakan file untuk Log melebihi file Datanya, dan untuk mengurangi ukuran filenya bisa dilakukan dengan shrink file.

Setelah menemukan solusi tersebut saya mencoba untuk melakukan shrink file terhadap databases tersebut, tetapi gagal karena belum bisa mengakses database yang dimaksud "MICROSOFT##SSEE" meskipun sudah menginstall SQL Server Management Studio Express 2005. Karena berkali-kali gagal untuk mengakses database "MICROSOFT##SSEE" akhirnya saya mencari informasi lagi untuk mengaksesnya di google, hasil pencarianpun tidak sia-sia dimana saya berhasil menemukan cara untuk mengakses database tersebut dan melakukan shrink file terhadap file Lognya, berikut detailnya:
    
Install SQL Server Management Studio Express 2005 pada server dengan SharePoint Services 3.0.
Buka Management Studio
Akses Windows Internal Database (MICROSOFT##SSEE) dengan server name: \\.\pipe\mssql$microsoft##ssee\sql\query 
Gunakan Windows Authentication, klik connect.
Setelah Connect pilih database yang akan kita shrink Log filenya.
Klik kanan dan pilih Properties > Options, ubah Recovery Mode menjadi Simple dan klik OK
Klik kanan lagi pada database tersebut dan pilih Tasks > Shrink > Files
Pilih Log untuk File Type dan klik OK untuk memulai shrink.
Lakukan berulang untuk mendapatkan ukuran file Log yang diinginkan.
Dan kembalikan lagi Recovery Mode menjadi Full ketika sudah selesai.

Ternyata kegagalan saya sebelumnya karena kesalahan pada server name untuk mengakses Windows Internal Database (MICROSOFT##SSEE) yang terbentuk saat installasi Windows SharePoint Services 3.0. Demikian share saya tentang Shrink Log File pada Windows Internal Database (MICROSOFT##SSEE), semoga bermafaat...

No comments:

Post a Comment