Tuesday, August 7, 2012

Solusi Tuntas Pesan Error "The user profile service failed the logon. User profile cannot be loaded”

Pagi ini kembali saya berhadapan dengan pesan error "The user profile service failed the logon. User profile cannot be loaded”. Pesan yang muncul apabila Sistem Operasi Windows kita mengalami masalah dalam proses login. Kita bisa memasukkan username dan password, tapi setelah itu akan muncul peringatan bahwa user profile tidak bisa diload atau dibaca. Hal ini bisa terjadi pada salah satu user saja, atau beberapa user sekaligus
Penyebabnya bisa macam-macam, karena user profile tersimpan dalam file tertentu, maka jika ada gangguan pada file tersebut (virus, terhapus, corrupt), profile user bisa terpengaruh. Lalu bagaimana cara memperbaikinya jika itu terjadi?

Berikut petunjuk dari Microsoft.com:
  1. Jika masih ada user bertipe administrator yang bisa login, maka login-lah dan langsung lakukan langkah 7.
  2. Tapi jika tidak ada satu user pun yang bisa login, maka lakukan restart dan tekan F8 sampai muncul menu pilihan, kemudian pilih “Safe Mode with Command Prompt”. Coba untuk login, jika gagal maka lakukan langkah 17.
  3. Jika berhasil login, maka akan muncul command prompt, ketikan : net user administrator password /active:yes (kita bisa tentukan sendiri password untuk administrator).
  4. Akan muncul pesan ” The command completed successfully”, restart komputer dengan mengetikan: shutdown -r
  5. Saat restart, tekan F8 lagi, tapi kali ini pilih “Safe Mode”.
  6. Login sebagai Administrator yang password-nya kita tentukan di langkah 3 tadi.
  7. Klik Start > run, atau tekan Windows + r
  8. Ketik “regedit”, untuk menjalankan Registry Editor.
  9. Dalam Registry Editor cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ProfileList
  10. Pada jendela sebelah kiri, cari entry yang biasanya diawali dengan S-1-5 …… dan ber-extensi .BAK, jika tidak ditemukan maka lakukan langkah 15.
  11. Klik kanan entry yang ber-extensi .BAK, dan rename menjadi .BK
  12. Klik kanan entry yang mempunyai nama/nomor sama tapi tanpa extensi .BAK dan kemudian rename menjadi ber-extensi .BAK
  13. Klik kanan entry yang ber-extensi .BK tadi (langkah 11), dan hapus extensinya (hapus .BK-nya).
  14. Problem solved. Langkah 11 – 13 sebetulnya hanya menukar entry yang sama, yang .BAK menjadi tanpa extensi, yang tanpa extensi menjadi .BAK
  15. Jika .BAK tidak ditemukan, maka buka Windows Explorer dan cari C:\Users\Default\AppData\Local\Application Data
  16. Jika ada Application Data selain yang kita punya, maka hapuslah. Problem solved.
  17. Jika tidak bisa masuk ke “Safe Mode”, maka restart dan tekan F8 lagi, kali ini masuk ke “Repair Your Computer”.
  18. Tunggu sampai semua file Windows selesi di-load, kemudian tekan Next ketika ditanyakan tentang keyboard language.
  19. Coba untuk login, pilih user dari menu dropdown, kemudian ketik password-nya, lalu lakukan langkah 23.
  20. Jika tetep gagal, maka gunakan CD installasi Windows, masukan ke CD ROM drive, lalu restart.
  21. Tekan F12 untuk menampilkan menu Boot Option, pilih Boot from CD. Atau kadang cukup didiamkan saja sampai muncul tulisan “Press any key to boot from CD …. ” lalu tekan Enter.
  22. Pilih keyboard language lalu tekan Next, kemudian cari “Repair Your Computer”.
  23. Pilih “Open Command Prompt” lalu ketik : net user administrator password /active:yes (silakan tentukan password untuk administrator).
  24. Tutup Command Prompt lalu restart dan lakukan kembali langkah 5.
Untuk mendisable user administrator (kadang kita sudah punya user tipe administrator lain, sehingga user administrator bisa dinonaktifkan), ketikan pada Command Prompt: net user administrator /active:no

Tulisan ini saya share agar bisa mengingat, mungkin kejadian pesan error akan sering terjadi, semoga share ini bisa membantu...

3 comments:

  1. Terimakasih..komputer saya baru mengalami rrror seperti ini. Penjelasannya sangat membantu. Good job!!! :)

    ReplyDelete
  2. Canggih banget nih caranya.. problem solved

    ReplyDelete
  3. mantap bro, thnks ya, 100% tuntas..

    ReplyDelete