Tuesday, August 14, 2012

Distro Linux PopuleR

Hari ini saya akan membahas mengenai Distro Linux yang populer menurut pantauan distrowatch.com, tulisan ini saya sadur dari modul training yang baru saya terima tadi siang.Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan Distro Linux bagi rekan-rekan sekalian.
Berikut distro-distro tersebut:

OpenSUSE/SLES
OpenSUSE merupakan distro Linux versi komunitas yang didukung dan disponsori oleh Novell. OpenSUSE merupakan distro Linux open source dan gratis yang menjadi dasar pengembangan bagi distro Linux komersil yang disediakanoleh Novell, SUSE Linux Enterprise Server (SLES) dan SUSE Linux Enterprise Desktop(SLED)
Salah satu keunggulan utama dari OpenSUSE dibandingkan distro Linux lainnya adalah kelengkapan pustaka dan berlimpahnya software yang disertakan. bersama Red Hat, SUSE adalah distro Linux versi awal yang terus bertahan dan berkembang hingga sekarang. OpenSUSE adalah distro Linux free dan open source, OpenSUSE dapat digunakan secara bebas dan tanpa biaya. Apakah ada beda antara SLED, SLES dan OpenSUSE yang merupakan versi komunitas? Selain dari sisi support dan sedikit perbedaan penampilan hampir tidak ada perbedaan mendasar antara versi komersil dan versi komunitas. Kita dapat tetap menggunakan OpenSUSE secara penuh tanpa khawatir adanya pengurangan kualitas dan kelengkapan.
Informasi mengenai distro Linux OpenSUSE bisa dilihat pada website http://www.opensuse.org

Ubuntu
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama konsep ideologi di Afrika Selatan. "Ubuntu' berasal dari bahasa kuno Afrika yang berarti "rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia". Ubuntu juga berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.
Informasi Ubuntu bisa dilihat pada website http://www.ubuntu.com


Linux Mint
Linux Mint adalah salah satu distro varian dari Ubuntu dengan codec media terintegrasi yang kemudian berkembang menjadi salah satu distro yang paling user-friendly lengkap dengan desktop dan menu custom, beberapa peralatan konfigurasi unik, yang berbasis web antarmuka instalasi paket, dan sejumlah edisi yang berbeda. Linux Mint adalah distro Live-CD yang diturunkan dari distro Ubuntu dengan tujuan untuk memproduksi sebuah distro dengan desktop elegan, up to date, dan nyaman digunakan. Linux Mint didesain untuk berjalan out-of-the-box dengan semua fasilitas yang telah terinstall didalamnya.
Informasi tentang Linux Mint bisa dilihat pada website http://linuxmint.com

Fedora
Fedora adalah distribusi Linux yang dibuat oleh Fedora project dan sponsori oleh RedHat. Peluncuran Fedora diawali ketika pada tahun 2003, sesaat setelah rilis Red Hat 9, pihak Red Hat melakukan perubahan terhadap distro Red Hat menjadi ditro komersial, yang dikenal dengan Red Hat Enterprise Linux.
Red Hat kemudian memperkenalkan dan mensporsori Fedora Core, yang merupakan versi gratis dan ditujukan untuk yang hobi Linux. Walaupun awalnya mendapat kritikan, komunitas Linux akhirnya menerima distro ini sebagai kelanjutan Red Hat terdahulu. Dalam waktu singkat Fedora menjadi salah satu distro yang paling banyak digunakan. Di saat yang sama, Red Hat juga menjadi perusahaan Linux terbesar yang menguntungkan di dunia.

Fedora yang dulu lebih dikenal dengan Fedora Core adalah salah satu distribusi Linux yang mengedepankan kebebasan dan seluruhnya terdiri dari aplikasi serta perangkat lunak yang bersifat bebas (free as speech).
Informasi Fedora dapat dilihat di http://fedoraproject.org

Debian
Debian adalah sistem operasi yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarela yang tergabung dalam project Debian, Sistem Operasi Debian adalah gabungan perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux.
Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro lInux yang populer kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint dan sebagainya, maka Debian merupakan distro yang paling banyak digunakan di dunia.
Informasi Debian bisa dilihat di http://www.debian.org


CentOS
CentOS alias Community ENTerprise Operating System adalah sebuah distro Linux yang diturunkan dari RHEL (Red Hat Enterprise Linux). CentOS dibuat oleh Nort American Enterprise Linux. Namun berbeda dengan turunan Linux lainnya, CentOS merupakan copian dari RHEL 99%, karena CentOS hanya membuang label RH dan diganti dengan label generic. Jadi isi dari program CentOS sama dengan RHEL. Drivers yang jalan di RHEL otomatis jalan juga di CentOS.
Meskipun keberadaan CentOS sangat tergantung pada Red Hat namun hal ini justru memberikan nilai tambah, karena RH merupakan distro komersial Linux yang dipakai secara luas diperusahan besar dan distro Linux yang didukung oleh CPanel (CPanel adalah kontrol panel terbanyak dipakai perusahan hosting, hampir 100% hosting menggunkan CPanel). Karena merupakan copian dari RHEL maka CentOS juga didukung secara resmi oleh CPanel.
Informasi CentoS dapat dilihat di website http://www.centos.org

No comments:

Post a Comment